Senin, 02 September 2013 - 13:13:33 WIB
Arahan Wabup Lotim, Sejukkan PNS
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 20 kali

Keerangan Gambar : Wabup Lotim, H. Haerl Warisin saat memimpin Apel awal bulan

 

Selong -  Wakil Bupati Lombok Timur, H. Haerul Warisin, Senin (2/9) bertindak selaku pembina upacara awal Bulan September jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, di halaman Kantor Bupati setempat. Upacara itu dihadiri Sekda para Kepala SKPD dan PNS Kabupaten. Beberapa Pegawai yang sempat diminta kesannya tentang pengarahan Wakil Bupati, mengaku merasa lega, mencairkan suasana, membawa kesejukan dan gairah baru bagi PNS.

Wakil Bupati dalam pengarahannya, menandaskan, birokrasi harus sanggup menunjukkan peran sebagai mesin yang mampu memberikan kesejahteraan dan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.  Birokrasi tidak boleh terhenti karena kendala keterbatasan APBD, tetapi harus terus mengembangkan daya yang ada secara kreatif, dengan menjemput sumber daya yang tersedia di tempat lain. Ini membutuhkan kemampuan seorang pejabat untuk mengembangkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan Pemerintah Pusat. 

Ditegaskannya, kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur sangat menjunjung tinggi sikap profesionalisme aparatur. Karena itu, dipandang perlu untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap kinerja aparatur terutama dalam kaitannya dengan kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Proses evaluasi itu tentu akan membawa konsekwensi di dalam penyegaran atau mutasi pejabat dalam lingkungan birokrasi. 

Ia berharap agar fenomena mutasi pejabat dalam pembinaan birokrasi dilihat dari persfektif kebutuhan organisasi. “Mutasi jangan dipandang sebagai momok yang menakutkan, apalagi disertai dengan pandangan subyektif seperti mengait-ngaitkannya dengan perbedaan pilihan pada Pilkada yang lalu”, katanya.

Sebuah proses demokrasi merupakan garansi sangat asasi bagi rakyat dalam berpartisipasi menentukan masa depan bangsa. Karena itu hendaknya dimaknai secara proporsional, jangan berlebihan sehingga antara satu dan yang lain saling menghujat dan saling mendiskreditkan, apalagi disertai dengan tindakan-tindakan anarkis. “Saya kira itu bertentangan dengan kearifan nilai agama dan budaya kita, sehingga perlu kita tinggalkan dan menggantinya dengan tindakan-tindakan yang lebih berbudaya dan mengedepankan tata krama sebagai bangsa yang beradab, lebih-lebih beragama”, ujarnya.

Ia berharap agar PNS jangan terbawa pikiran seperti itu, karena Pilkada telah berlalu dengan baik, dan kini saatnya semua pihak bergandengan tangan untuk bersama mencapai satu tujuan, yakni mewujudkan masyarakat Lombok Timur yang adil dan sejahtera secara lahir dan bathin dalam bingkai persatuan dan kesatuan yang dilandasi Iman dan Taqwa.

Ia menyebut kehadiranya dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, karena panggilan hati nurani rakyat, yang rindu akan kesejahteraan secara lahir maupun bathin. Karena rakyat mempercayakan untuk memenuhi harapan itu, maka tugas utama aparatur pemerintah adalah mewujudkan harapan itu dengan sebaik-baiknya.

Kepercayaan rakyat itu, lanjutnya, mengandung konsekwensi tanggung jawab yang cukup berat, dan menghendaki semangat pengabdian tinggi dan kerja keras tak kenal menyerah.  Karena itu, Ia berharap agar momentum pergantian kepemimpinan di daerah itu membawa gairah dan spirit baru dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Pergantian kepemimpinan di daerah, tidak boleh melemahkan semangat kerja, karena hal itu kontraproduktif dengan hajat demokrasi sebagai azas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Pemenuhan harapan rakyat untuk memperoleh keadilan dan kesejahteraan secara lahir dan bathin, paparnya, membutuhkan sinergitas dengan berbagai komponen, strategi jitu yang konseptual dan kontekstual dan program-program kerja yang handal dan ditangani oleh aparatur yang profesional dan berdedikasi tinggi. Hanya aparatur yang profesional dan berdedikasi tinggilah yang akan mampu mempersembahkan kinerja layanan yang diharapkan masyarakat. Aparatur profesional juga sanggup menunjukkan loyalitas pada atasannya secara berjenjang.  

            Menengok kondisi obyektif Lombok Tmur saat ini,  Pemerintah Daerah akan mulai bekerja dengan kesanggupan menembus berbagai keterbatasan yang ada. Dengan jumlah penduduk terbesar diantara Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Barat, yaitu sekitar 1,2 juta jiwa lebih, Pemerintah Daerah dihadapkan pada keterbatasan anggaran untuk memenuhi berbagai tuntutan kebutuhan masyarakat.

 Wakil Bupati juga mengingatkan, sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat setiap PNS dituntut untuk memahami dengan baik tugas pokok dan fungsinya agar mampu mengemban tugas dengan baik, dan dapat memberikan pelayanan secara profesional. Aparatur yang mampu melaksanakan setiap tugas dengan baik dan profesional tentu harus ditunjang dengan disiplin, loyalitas dan kompetensi yang memadai.

Disamping itu, untuk memberikan kepastian dan kenyamanan dalam pelayanan bagi masyarakat, maka dalam sistem birokrasi diperlukan standar pelayanan minimal atau SPM dan standar operasional prosedur atau SOP. Khususnya yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat tidak ada tawaran lagi untuk tidak memiliki SOP di dalam bekerja. Karena hal  itu merupakan salah satu jawaban terhadap tuntutan masyarakat, yang menghendaki pelayanan yang lebih cepat, transparan dan akuntabel. (Zar-Humas)


109 Komentar :

ushaq
16 Juli 2014 - 08:57:58 WIB

Kami sadar bahwa sumber daya manusia adalah asset yang luar biasa http://www.nadiftourbatam.com/ http://goo.gl/Gi4IiY http://is.gd/pifIC1
ushaq
16 Juli 2014 - 09:08:46 WIB

kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya http://www.nadiftourbatam.com/ http://goo.gl/Gi4IiY http://is.gd/pifIC1
ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
01 Agustus 2014 - 18:14:34 WIB

Ia berharap agar fenomena mutasi pejabat dalam pembinaan birokrasi dilihat dari http://goo.gl/g0Swtq http://is.gd/F7ZuRT
ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik 9
06 Agustus 2014 - 10:00:28 WIB

Selesai acara semua warga perumahan gading permai mendapatkan berkat dengan http://goo.gl/watq7c http://is.gd/qjpaLW
obat tradisional benjolan di kepala
09 Agustus 2014 - 08:37:35 WIB

cara mengobati benjolan di kepala
http://goo.gl/CaSw08
pengobatan herbal kanker kulit
09 Agustus 2014 - 10:18:04 WIB

cara ampuh mengobati kanker kulit
http://goo.gl/9w14Yf
http://goo.gl/J34Pq8
obat tradisional sakit kepala
09 Agustus 2014 - 14:34:54 WIB

selamat sore gan..
http://goo.gl/Im4wHH
desain rumah minimalis
16 Agustus 2014 - 18:23:36 WIB

Hi would you mind letting me know which hosting company you're utilizing?
I've loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must
say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good hosting provider at a honest price?
Thanks a lot, I appreciate it!
smart detox 232
23 Agustus 2014 - 14:30:37 WIB

prestasi ini tentunya harus disyukuri dengan terus meningkatkan pengelolaan http://goo.gl/4TmsA5 http://is.gd/sOBbt9
Obat Rematik
26 Agustus 2014 - 14:44:36 WIB

ayo lebih giat lagi... semangat http://goo.gl/paMZ6 http://gamat.obatradisional.info/2014/ 08/obat-penghancur-batu-ginjal/ https://mysp.ac/PhVs https://mysp.ac/Pi1U
<< First | < Prev | ... 8 | 9 | 10 | 11 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)