Jumat, 09 November 2012 - 14:01:17 WIB
Bupati Lotim, Respon Pola Pemberdayaan Baru
Diposting oleh : Administrator
Kategori: ekonomi - Dibaca: 17 kali

 

Selong (7/11) Bupati Lombok Timur, M. Sukiman Azmy, telah merespon sangat positif pelaksanaan sebuah pilot project program Lumbung Bersaing yang diluncurkan Pemerintah Propinsi NTB sejak tahun 2011 di Desa Aikmel Kecamatan Aikmel. Sekitar satu setengah tahun program itu digulirkan, telah menunjukkan hasil nyata dan bisa menjadi sumber inspirasi berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat di masa yang akan datang.

            Sasaran akhir dari program tersebut, yakni tumbuhnya kemandirian dan kerjasama masyarakat dalam menyelesaikan persoalannya sendiri. Karena itu, program tersebut mengedepankan sentuhan sosio-kultural sekaligus psikologis masyarakat sasaran. Sukses yang ditunjukkan program tersebut,dapat mementahkan persepsi sebagian orang yang apriori dan cenderung pesimis dalam menanggapi setiap program pemberdayaan masyarakat.

            Kumpulan masyarakat sasaran program pemberdayaan baru tersebut kini bukan hanya mampu mengatasi masalahnya sendiri tetapi juga dapat menyisihkan sebagian penghasilan dengan menabung, bahkan berinfaq untuk sesama yang tidak mampu. Program ini, dapat mencegah dampak buruk beroperasinya “bank rontok”, yang kerap menimbulkan masalah di tengah masyarakat.

            Melihat hasil program tersebut, Bupati Lombok Timur tak ragu-ragu menganggarkan dana melalui APBD II Perubahan Tahun 2012 sebesar 1 miliar rupiah untuk memberdayakan 700 orang di Desa Wanasaba. Program tersebut sebagai Pilot Project.  

Dalam pelaksanaannya, dana program disalurkan melalui YMP NTB yang bekerjasama dengan Tazkia Micro Finance Center, kemudian diserahkan kepada masyarakat disertai akad pinjaman, selanjutnya dana yang diterima masyarakat tersebut diserahkan kepada Tim Pendampingan. Kemudian, dalam berbagai bentuk transaksi kumpulan pemanfaat berhubungan dengan Tim Pendampingan sebagai pembinanya. Dana pinjaman masyarakat, diangsur sesuai dengan sistem yang disepakati tanpa bagi hasil.

 “ Jadi uang dalam hal ini hanya sebagai sarana untuk memicu dan memacu kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, keamanahan, solidaritas, dan komitmen peserta, sehingga sasarannya membentuk karakter masyarakat yang mandiri dan mampu mengembangkan kerjasama dalam menyelesaikan permasalahannya sendiri”, kata H. Andy Ikhsan Arkom, Tenaga Ahli Micro Finance Tazkia milik Yayasan Andalusi Center Bogor, usai memberikan penjelasan di aula kantor Camat Wanasaba kepada masyarakat. Penjelasan Andy tersebut, diamini Direktris Yayasan Masyarakat Peduli (YMP) NTB, Ellena Rachmawati, yang juga hadir dalam pertemuan dengan masyarakat itu.

Andy lebih lanjut menuturkan, program Lumbung Bersaing yang dilancarkan Pemerintah Propinsi NTB tersebut, bermula ketika penandatangan MoU (nota kesepahaman)  antara Gubernur NTB. TGK. Zainul Majedi MA, dengan Yayasan Andalusia Islamic Center di Bogor, selaku penyedia sistem manajemen pemberdayaan masyarakat.

Sistem tersebut dinamakan Baituttamkin (rumah pemberdayaan), yakni sebuah metode pemberdayaan masyarakat berpenghasilan rendah dengan entry-point, keuangan mikro Islam (Islamic Micro Finance) yang berbasis komunitas. Komunitas dimaksud, masyarakat berpenghasilan rendah yang hidup dalam satu territorial tertentu seperti Desa, Kecamatan atau satuan wilayah lainnya.

Untuk melaksanakan program tersebut, Pemerintah Propinsi NTB pada Tahun 2011, menetapkan dua kabupaten sebagai percontohan, yakni Kabupaten Lombok Timur di Desa Aikmel dan Kabupaten Sumbawa Barat di Desa Taliwang. Sampai dengan Tahun 2012 program tersebut masih dilanjutkan pada Desa yang sama, ditambah dengan satu desa di Kabupaten Lombok Barat, yakni Desa Kediri.

Anggaran Pemerintah Propinsi yang dikucurkan untuk pilot project di tiga Kabupaten tersebut seluruhnya sebesar 3,8 miliar rupiah untuk pemberdayaan 2500 orang. Masing-masing, di wilayah Kabupaten Lombok Timur sebanyak 750 orang (30%), Kabupaten Sumbawa Barat 500 orang (20%), dan yang terbanyak di Kabupaten Lombok Barat sebanyak 1250 orang (50%).

Dana tersebut merupakan dana pasca Latihan Wajib Kumpulan (LWK) yang diberikan bagi masing-masing kumpulan setelah dinyatakan lulus dan sah sebagai kumpulan  pada akhir latihan. Sasaran pemberdayaan tersebut, terdiri dari kumpulan ibu-ibu atau kaum perempuan.

“ Jadi untuk mendapatkan 700 orang itu, diseleksi sekitar 1050 orang. Namun seleksipun masih berlangsung dalam proses pelatihan, karena jika ternyata tidak memenuhi ketentuan dan standar, maka dinyatakan gugur. Ini suatu upaya untuk menjaring potensi kelompok yang memenuhi standar untuk diberdayakan”, papar Andy.

Karena itu, dalam latihan, dibangun kedisiplinan, keamanahan, kekompakan, semangat solidaritas, dan komitmen. Peserta pelatihan gugur dan dikeluarkan dari pelatihan, jika tidak bersikap disiplin, dinyatakan tidak amanah setelah dites dengan metode tertentu,  tidak kompak dan  tidak solider dengan kumpulannya, dan tidak komit dengan aturan main yang ditentukan dalam program.(Zar-Humas)




26 Komentar :

Gita Wiryawan
09 Januari 2014 - 09:46:03 WIB

Informasinya sangat menarik dan pasti banyak manfaat yang bisa di petik
Berita Hari Ini
10 Januari 2014 - 08:58:10 WIB

informasi yang super
Obat Kanker Usus Besar
17 Januari 2014 - 08:15:29 WIB

Di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda
Obat Kencing Batu
20 Januari 2014 - 07:45:39 WIB

Ini lah web yang selama ini kami tunggu tungggu
Dahlan Iskan
24 Januari 2014 - 09:03:56 WIB

makasih Situs Anda selalu memberikan berita yang update dan sangat bermanfaat sekali
Gita Wiryawan
27 Januari 2014 - 10:11:55 WIB

banyak sekali informasi menarik dan bermanfaat didapat disini,, terima kasih :)
obat herbal penurun sgot sgpt tinggi
11 April 2014 - 10:26:29 WIB

obat herbal penurun sgot sgpt tinggi http://goo.gl/vycB9X
obat herbal penyakit kista
11 April 2014 - 10:35:31 WIB

obat herbal penyakit kista http://goo.gl/LqX9x - http://bit.ly/1egmbp2
obat batuk darah aman
11 April 2014 - 10:51:52 WIB

obat batuk darah aman http://goo.gl/YxJhw - http://bit.ly/1bMtgRK
obat penyembuhan penyakit asam urat
11 April 2014 - 11:00:08 WIB

obat penyembuhan penyakit asam urat http://goo.gl/9Mhqo0 - http://bit.ly/1fAR74y
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)