Selasa, 31 Juli 2012 - 12:53:19 WIB
Tahun 2014 PT. Askes Jadi BPJS
Diposting oleh : Administrator
Kategori: pembangunan - Dibaca: 18 kali

Bertempat di Rupatama I Kantor Bupati Lombok Timur, dilaksanakan pertemuan PT. Askes Cabang Mataram dengan Contact Person(petugas penghubung-red) Instansi Peserta lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.Acara tersebut dibuka Sekda Lombok Timur diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Ir. HM. Aminullah.Dalam pertemuan tersebut dilakukan presentasimenyangkut peningkatan layanan Askes dan rencana perubahan secara kelembagaan pada tahun 2014.

Membacakan sambutan Sekda, Asisten Ekonomi Pembangunan mengatakan, Askes merupakan salah satu wujud nyata daripelayanan kesejahteraan bagi PNS.Bagi PNS yang pernah membutuhkan dan mendapat pelayanan asuransi tersebut, tentu menyadaripentingnya Askes dalam meringankan beban ongkos pengobatan atau perawatan kesehatan.Itulah sebabnya memandang  peningkatan hubungan kemitraan antara Instansi Peserta dilingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dengan PT. Askes perlu ditingkatkan.

Dalam pertemuan  yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan kemitraan dengan Instansi peserta itu,PNS yang ditunjuk selaku contact person atau channel akses oleh Instansinya diminta mengikuti kegiatan itu dengan sungguh-sungguh agar siap dan mampu memberikan penjelasan kepada pegawai lainnya mengenai hak, kewajiban dan prosedur pelayanan kesehatan dalam pemanfaatan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan serta Program Rujuk Balik bagi penderita penyakit kronis.Pentingnya setiap PNS memahami dengan baik hak, kewajiban dan prosedurnya dalam pelayanan Askes terutama karena menyadari bahwa jaminan kesehatansangat menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kata Asisten, pada tahun 2014 nanti, PT. Askes Persero akan berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Ia meminta agar pihak PT. Askes Persero menjelaskan hal itu dalam pertemuan tersebut, guna menyongsong era baru layanan KesehatanPNS di Lombok Timur.Ia menilai pelayanan Askesyang mengalami peningkatan membuat PNS semakin merasa dimiliki dan memiliki asuransi tersebut. “Kita berharap agar kondisi tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang, agar kesejahteraan PNS melalui jaminan kesehatan dapat terwujud dan dirasakan secara nyata oleh PNS dan keluarganya”, papar Asisten.

Ia sempat menuturkan pengalaman hidupnya saat kuliah dulu. Karena biaya perawatan kesehatan sangat tinggi, maka setiap warga Negara diwajibkan menjadi peserta asuransi.Ia juga mengaku secara pribadi pernah merasakan manfaat Askes ketika salah seorang keluarganya menderita penyakit jantung dan harus dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita. Biaya yang harus disediakan ketika itu sebesar 73 juta rupiah, namun Ia akhirnya membayar Rp. 500.000 karena 72,5 juta rupiah menjadi tanggungan Askes. Sedangkan Ia sendiri pernah memanfaatkan Askes untuk suatu tindakan operasi, dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

            Anurman Huda, Direktur PT. Askes Persero Cabang Mataram,  mengatakan, kalau dihitung jumlah PNS yang telah memanfaatkan Askes, mungkin banyak yang telah menerima pelayanan tidak sebanding dengan gaji pokoknya. Inilah salah satu manfaat dari sistim subsidi silang yang menjadi kekuatan Askes.Ia berharap agar PNS bersyukur karena menerima jaminan pelayanan kesehatan yang tidak dimiliki semua Warga Negara. Melihat manfaat dari Askes seharusnya seluruh warga Negara diasuransikan kesehatannya.

Anurman Huda membenarkan PT. Askes akanmengalami perubahan yang sangat mendasar secara kelembagaan, dari PT menjadi Badan yang disebut BPJS pada tahun 2014. Dengan perubahan tersebut akan terjadi perubahan yang demikian besar, baik dari aspek pelayanan, organisasi, keanggotaan, dan keuangan. Namun dipastikannya, BPJS tidak akan mematikan perusahaan asuransi swasta.”Masih ada ruang bagi asuransi kesehatan swasta & industri kesehatan lainnyakarena BPJS benefitnya sudah ditentukan, sehingga jaminan medisnya sama, tetapi jaminan nonmedisnya berbeda” ujarnya.

Ia menerangkan, pada akhir tahun 2013, PT. Askes melaksanakan RUPS luar biasa untuk membubarkan PT. Askes tanpaliquidasi, selanjutnya  per-1 Januari 2014 dibentuk BPJS 1 pada jam 00.00 WIB. Dengan pembubaran dan pembentukan itu, semua  milik PT Askes dilimpahkan ke BPJS 1.(Zar-Humas)

 




    189 Komentar :

    Manfaat Kunyit
    04 Januari 2014 - 21:39:17 WIB

    Mengenal manfaat dan khasiat kunyit, bawang putih, temulawak dan lidah buaya untuk kesehatan.
    president of indonesia
    13 Januari 2014 - 09:08:51 WIB

    postingan yang sangat bermanfaat..
    Terus Berkarya!!
    Obat Tumor Ginajl
    14 Januari 2014 - 08:29:21 WIB

    Salam kenal,mudah mudahan sukses selalu
    Obat Kolesterol Herbal
    14 Januari 2014 - 10:58:20 WIB

    kunjungan pertama saya nih bu, ijin menyimak artikel nya aja, thanks sebelum nya http://goo.gl/DtD4gG
    Dahlan Iskan
    17 Januari 2014 - 09:02:10 WIB

    informasi yang super
    elektabilitas partai demokrat
    18 Januari 2014 - 09:25:14 WIB

    Terimaskasih atas infonya, kami tunggu info yang selanjutnya


    Obat Kolesterol Tradisional
    21 Januari 2014 - 09:32:33 WIB

    selamat pagi
    semoga hari ini lebih baik lagi
    makasi ya infonya ^^
    http://goo.gl/Czey3X

    obat radang telinga
    21 Januari 2014 - 10:35:55 WIB

    terimakasih admin atas semua infonya
    indonesia election 2014
    21 Januari 2014 - 10:50:02 WIB

    Terima kasih atas informasinya.
    Pengobatan Infeksi Jantung
    22 Januari 2014 - 09:17:10 WIB

    Tetap menyajikan informasi yang menarik untuk di simak admin :)
    << First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 19 | Next > | Last >>
    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)